Pandangan Hukum Prof. Andi Hamzah Soal Kasus Ratna Sarumpaet || ILC (9/10/2018)

  • Dipublikasikan tanggal 09 October 2018
  • Indonesia Lawyers Club #ILC 9 Oktober 2018 mengangkat tema "Di Balik Drama Hoax Ratna Sarumpaet"

    Aktivis #RatnaSarumpaet telah ditahan oleh Polda Metro Jaya sejak Jumat malam, 5 Oktober 2018. Dia telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyebaran berita bohong atau hoax terkait penganiayaan dirinya.

    Ratna tampak keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 00.10 WIB, Sabtu 6 Oktober 2018, mengenakan baju oranye tahanan Polda Metro Jaya. Merespons keputusan penahanannya oleh polisi, Ratna mengatakan bahwa itu adalah risiko dari apa yang telah dia perbuat.

    "Enggak apa-apa ini sudah risiko," ujar Ratna kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Sabtu dini hari, 6 Oktober 2018.

    Perempuan berumur 70 tahun tersebut sebelum dimasukkan ke rumah tahanan Polda Metro Jaya harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di Gedung Biddokes Polda Metro. Tak berlangsung lama, ia kemudian kembali dibawa ke Gedung Ditreskrimum.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengakui bahwa Ratna masih terancam pidana atau kurungan penjara selama 10 tahun. Hal itu sesuai dengan Undang-undang dan Pasal yang dikenakan kepada Ratna yakni Pasal 14 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 jo Pasal 45 Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.
  • Lamanya : 15:17
  • tvone tv one tvonenews indonesia lawyers club ilc indonesia lawyers club tvone ilc tvone karni ilyas ilc tv one debat dialog ratna sarumpaet ratna sarumpaet bohong ratna dianiaya ratna di ilc prabowo amien rais jokowi

Komentar: 50

  • Boby Gaol
    Boby Gaol   22 jam yang lalu

    Menurut saya, Dengan berlakunya uu. No. 73/1958 sampai skrg ttg menyatakan berlakunya uu no. 1/1946 ttg peraturan hukum pidana di seluruh indonesia berarti :1. Berlakunya kuhp versi belanda yg telah direvisi dan dilengkapi oleh uu no. 1/1946 di seluruh indonesia2. Itu berarti semua isi (pasal) dari uu no. 1/1946 sudah berlaku3. Pasal 14 dan 15 dalam uu no. 1/1946 dapat diterapkan dalam penyidikan kasus hoax RS dkkTanggapan saya terhadap pendapat prof. Andi hamzah : lho koq bisa masih dipertanyakan oleh beliau terkait pasal 14 dan 15 uu no. 1/1946 berlaku atau tidak nya, padahal sudah dinyatakan oleh uu. No. 73/1958 ttg berlakunya uu no. 1/1946 sbg peraturan hukum pidana di seluruh indonesia. Apa yg menjadi dasar dari pendapat prof. Andi hamzah mempertanyakan keberlakuan pasal 14 &15 ? 🤔

  • Dede Oke
    Dede Oke   2 hari yang lalu

    Hukum manusia ga akan pernah sempurna, selalu ada salah, selalu ada celah, dan ga akan murni jika ga ada kejujuran dan keadilan didalamnya karena ada hawa nafsu yang bermain 😊

  • Ardi Asta
    Ardi Asta   5 hari yang lalu

    kubu prabowo yg berkomentar disini menunjukan semua pernyataan pengamat bisa dipolitisasi sma mereka, pendukung sma junjungan sma aja sma2 ahli melintir kata2 seperti fadli zon dan fahri hamzah

  • Mura Gedi
    Mura Gedi   1 minggu yang lalu

    Itu ada revisi tahun 2016 27 ayat 3 atau 28 ayat 3 kalau tidak salah

  • Abdee Rayyan syazwan
    Abdee Rayyan syazwan   1 minggu yang lalu

    Baru tau gw kalo pak andi ini profesor.gw pernah suruh jemput beliau dri rumahnya ke kantor.liat di ILC baru nyadar gw😁😁😁

  • Irawan Technik
    Irawan Technik   1 minggu yang lalu

    Pandai berkelit loe pada ...Udh tau salah msih aja berkelit...Bobrok gk pda waras...

  • Jojo Kini
    Jojo Kini   1 minggu yang lalu

    Om murni hukum tapi tujuanya umtuk menjatuhkan seseorang yang akan beryanding ke pilpres, apa itu fair dan tidak hamya transaksi elektronik saja tamg dirugiksn tapi pihak jokowi juga dirugiksn, prof bilang ga kenal prabowo cuma hamzahmya saudara kikikik... masih bela2an wajar prof

  • Inggrisisasi
    Inggrisisasi   1 minggu yang lalu

    PAS BELUM KETAHUAN KOAR KOAR, PAS KETAHUAN MALAH BILANG KUBU JOKOWI MAU GORENG KASUS INI. OY KAMPRET GOBLOK, KAN KUBU ELU YANG BOHONG, KATANYA KUBU AGAMIS TAPI BOHONG, DONGO!

  • Ragit Dwi Pradana
    Ragit Dwi Pradana   1 minggu yang lalu

    PIKIRIN LAPINDO WOY LAPINDO!! Tanggul udah bocor apa kabar TV ONE ga mau bahas lapindo

  • Cara Me
    Cara Me   1 minggu yang lalu

    Pengin Komen tetapi takut dikeroyok oleh Cebong dn Kampret

  • Mamad Mamad
    Mamad Mamad   1 minggu yang lalu

    Baru tau berarti hukum indonesia itu hukum pidananya hukum belanda

  • Khairil Anwar
    Khairil Anwar   1 minggu yang lalu

    Reine Rechtslehre adalah sesuatu yg tdk mampu dimanipulasi, mau sehebat apapun kebohongan membungkusnya kebenaran akan tetap menemui jalannya.. 2 jempol utk Prof. Andi Hamzah 👍👍

  • WOLES channel
    WOLES channel   1 minggu yang lalu

    Prabowo makin kuathttps://youtu.be/B1klYfZD2wY

  • Rahmad Abdullah
    Rahmad Abdullah   1 minggu yang lalu

    Rezim ini sdh diperalat keadilan sdh tidak lg di tegakkan...rezim ini sdh dikuasai manusia2 munafik...ya alloh jauhkanlah kami dari pemimpin yg dzholim dan berikanlah km pemimpin yg adil .

  • Pemberontakan PRRI/Permesta
    Pemberontakan PRRI/Permesta   1 minggu yang lalu

    Ayo kalo mau masuk surga pilih nomor 2, konci sorga di mereka, Kalau kalian tidak pilih kalian semua kualat kena azab, sudah sah yang mulia tersuci nopel bakbukbakbukngimin bersabda, kalo mau masuk surga harus pilih nomor 2, Konci sorga dan kapling sorga sudah ada pada partai partai suci, camkan kalian 😇😇😇😇😇😇😇

  • Rusdhi 86
    Rusdhi 86   1 minggu yang lalu

    Hukum tetap berlaku buwat indonesia , psti ad orang di blik kbhongan bu ratna

  • Bajul ijo
    Bajul ijo   1 minggu yang lalu

    Penjelasan prof mahfud md lebih gamblang.https://youtu.be/ckhMT6Vdi-Y

  • Romeo Romeo
    Romeo Romeo   1 minggu yang lalu

    intinya ; ratna (pelaku) dengan lisannya mengakui kesengajaan berbohongberbohong utk tujuan apa?itu yg perlu di kaji

  • Yoyoh Andriyani
    Yoyoh Andriyani   1 minggu yang lalu

    yg komen bantah prop... terus mang dukung alfatekah entar yg dukung alfatekah ada balasannya di kemudian hari

  • Aldi Pangestu
    Aldi Pangestu   1 minggu yang lalu

    Polisi harusnya malu...dengerin dan baca dngan teliti itu buku pedoman perundang undangan...jngNgan ngaco ngikuti asumsi otaknya sendiri...dasar rezim payah gak mutu...

  • Amara Nefisa
    Amara Nefisa   1 minggu yang lalu

    dari kasus ratna kita teredukasibetapa gesit'y POLRI kalo mengusut masalah " yg kontra pemerintah" 😴😴😴

  • Usock Sentra
    Usock Sentra   1 minggu yang lalu

    tidak segampang itu Prof,.....Lha Bagaimana seandainya perbuatan tersebut,..mengakibatkan kerugian bagi orang lain dan menimbulkan keresahan,...dan rasa tidak percaya,...dan kenyataannya di medsos,....banyak yang menyampaikan tersebut tidak mengetahui keabsahan berita tersebut

  • Bisa Edan
    Bisa Edan   1 minggu yang lalu

    opini situ prof ngawur, ganti prof hukum yg lain jawabannya jg lain,,masa nunggu kerusuhan terjadi baru bisa kena pasal prof apa itu

  • AYE LEYMAKALI
    AYE LEYMAKALI   1 minggu yang lalu

    mantap ProfSaya sangat setuju dengan pemahaman Prof Andi Hamzah

  • Eko Dompu
    Eko Dompu   1 minggu yang lalu

    ALFAAAAAAAAAATEEEKAAAAAA

  • De santanu
    De santanu   1 minggu yang lalu

    ok... tunggu pembuktian..apakah betul sarumpaet hanya bekerja sendiri atau ini hoax yg dibuat secara sistematis untuk menghancurkan pemerintahan.. tapi gagal total... lets see.. oiya.. HP sarumpet sudah disita...

  • Agus Makhfudz
    Agus Makhfudz   1 minggu yang lalu

    Matur nuwun prof, semoga semakin cerdas rakyat Indonesia

  • jilan fauzi
    jilan fauzi   1 minggu yang lalu

    https://muhamadjilanfauzi.blogspot.com/2018/09/surat-buat-kaum-elite-politik-juga-alim.html

  • Yovan Saputra
    Yovan Saputra   1 minggu yang lalu

    Jangan di kota aja jalan bagus kampret...

  • Virall FOUR
    Virall FOUR   1 minggu yang lalu

    fakta unik Pilpres2019 gaeess.. sampai sampai orang luar kena imbasnya cek deh di vidionya di sini : Tersbar Foto "KHABIB NURMAGOMEDOV" Yang Bertuliskan 2019 Ganti Presiden Adalah HOAXlink video : https://www.youtube.com/watch?v=i9bJVKiyMYYjangan lupa ya gaeess Di SUBSCRIBE juga Nanti Pasti Di SUBSCRIBE balik kok heheheh

  • Zha Zhay
    Zha Zhay   1 minggu yang lalu

    O IYA PA KARNI KUALITAS WARTAWAN WARTAWATI ZAMAN NOW SEKELAS GAJI NYA YA?BILA STATION TV DI DANAI/DI SOGOK PEMERINTAH MEDIA PASTI MEMPELINTIR INFORMASI BERITA NYA YAH??PERS NO FAIR BILA TAK BISA DIPERKARA/DI PIDANAKAN BERARTI MASA/RAKYAT YANG BISA MENGHUKUM NYA KAN????

  • Zha Zhay
    Zha Zhay   1 minggu yang lalu

    BILA PEDAGANG SAJA DI TANGKEPIN SAAT POL PP DAN POLISI.....KALO DEPOT MINUMAN KERAS DAN KLUB MALAM KENAPA PADA DI JAGAIN?APALAGI KAROKE PLUS PLUS....KENAPA DI BIARKAN??

  • Zha Zhay
    Zha Zhay   1 minggu yang lalu

    KALO HUKUMAN SETIMPAL PEMIMPIN PENIPU ITU HUKUMAN APA PAK KARNI?

  • Zha Zhay
    Zha Zhay   1 minggu yang lalu

    DAN HUKUMAN APA UNTUK MEDIA/PERS YANG TAK FAIR??MUNGKIN HARUS DI BUMI HANGUS KAN SENDIRI OLEH RAKYA NYA X YAH??

  • Zha Zhay
    Zha Zhay   1 minggu yang lalu

    KALO HUKUM BOHONGI RAKYAT SATU NEGERI HUKUMAN SETIMPALNYA APA PAK KARNI??POTONG TANGAN KIRI...?APA HUKUM PANCUNG SAJA?

  • Zha Zhay
    Zha Zhay   1 minggu yang lalu

    KALO HUKUM BOHONG SWASEMBADA PANGAN ITU SEPERTI APA HUKUMAN NYA ....KARNI ILYAS??

  • creator son of
    creator son of   1 minggu yang lalu

    Terlalu banyak pengamat, makanya indonesia ga maju2, harusnya dibanyakin pelaksana bukan pengamat

  • kang mas
    kang mas   1 minggu yang lalu

    Menurut saya....kalo SDH memasuki usia pensiun maka sebaiknya nikmati usia tsb untuk mengurus diri sendiri demi persiapan menghadapi kematian....bukan SDH tua malah lupa diri sok memperhatikan orang lain....kalo akhirnya malah di bui

  • Sri Utami
    Sri Utami   1 minggu yang lalu

    MALU LAH KALO GA BENER APALAGI KONSPIRASI!! TP PD GA PUNYA KE MALU AN YA NA'UUDZU BILLAAHI MIN DZAALIK!! KASIHAN ANAK CUCU N SEMUA GENERASI YANG MAU BENER YA.. YA ALLAAH TUNJUKKAN KEBENARAN DAN TURUNKAN KEMAHAADILANMU SERTA SEGERA MAKARLAH AAMIIN..

  • M. M. M.
    M. M. M.   1 minggu yang lalu

    Kok belanda mulu sih?Jangan2 antek2 asing.

  • Sutarno Expy
    Sutarno Expy   1 minggu yang lalu

    Kasus abal abal di goreng cebong takut kalah.....

  • rio kemang
    rio kemang   1 minggu yang lalu

    Dijual Property Tanah, Rumah, Apartemen, Kantor, Gedung, Ruko, Hotel di Jakarta 08176001155 , WEB: HouseJakarta.com , JakartaMansion.com , ApartmentsJakarta.com

  • أم عمرو المخاشين
    أم عمرو المخاشين   1 minggu yang lalu

    ORANG CERDAS TAU PRABOWO SUSAH DIJAUHIN MAKANYA DIPILIHHH ORG2 KAYA SI RATNA BUAT JATOHIN PRABOWO.. KASUS HOAX TECEPAT YG PERNAH ADA.. RW POLIIS KERJA 2 HRI BERES.. RW GILIRAN NOVEL YANG DISIRAM AER KERAS BERTAUN2 GA ADA HASIL.. HERMANSYAH YANG SEORANG AHLI IT BEGTU MEMAPARKAN KALAU KASUS HRS ADALAH HOAX DITEMBAK DENGAN BRUTAL SMPE SEKARAT.. RW JAMAN SKRG LEBIH HEBAT DARI JAMN ORBA.. KALO ADA ORG YG PROTES ATAU NYAMPEIN FAKTA YANG GA DISIARIN DI TV TIBA2 KENA CYBER CRIME DAN DIHAPUS POSTING AN SECARA FAKTA LENYAP KAYA JIN.. GAY LESBI PROSTITUSI MERAJALELA DIMANA2. TIAP2 ADA MASLAH BILANGNYA ITU BUKAN KERJAAN SAYA....ORANG PINTER PILIH NO 2.....

  • Saga Seiya
    Saga Seiya   1 minggu yang lalu

    pd ribut n berisik ya projokkalo naikin tarif listrik n bbm aja pd diem diem baee 😂😂✌

  • Lia  Yulianti
    Lia Yulianti   1 minggu yang lalu

    prof coba nonton lagi deh pasti bingung sendiri sama apa yang dijelasin. hehehehe